Pemrograman Web Dinamis 1 : Pengenalan Pemrograman PHP

Setelah di postingan sebelumnya telah dijelaskan bagaimana menginstall senjata perang untuk pemrograman web, sekarang mari kita bahas amunisi yang diperlukan untuk kita ‘perang’. PHP adalah salah satu ‘amunisi’ yang  sangat terkenal di ranah per-pemrograman web maupun mobile. Bahasanya yang simple dan mudah dipahami oleh para pemula sekalipun membuat banyak programer jatuh hati kepadanya. (ecieeh..)

PHP-tutorial-01.png

Untuk sejarahnya sendiri jujur saya juga baru tahu setelah googling barusan. FYI aja nih gaes, menurut Wikipedia pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal) yang di temukan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web. Singkatnya, pada suatu hari perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat dan terus berkembang hingga PHP: Hypertext Preprocessing menjadi seperti sekarang.

Oke langsung saja kita mulai mencoba mengapikasikan nya. Oh iya, sebelumnya saya sampaikan beberapa senjata tambahan yang sunnah (tidak wajib) untuk di install yaitu Notepad++ atau Sublime (pilih salah satu, tapi saya lebih menyukai menggunakan Notepad++). Tapi kalau kalian lebih memilih menggunakan notepad bawaan windows juga tidak masalah, yang penting nanti ketika di save dalam format .PHP.

1. Buka Notepad++/Sublime/Notepad kalian (untuk kali ini saya menggunakan sistem operasi windows) kemudian tuliskan kode berikut:

<?php
$nama1 = “Tegar”;
$nama2 = “Putra”;
$alamat1 = “Jauh”;
$alamat2 = “jauh banget”;

echo “Nama : “.$nama1;
echo “<br> Alamat : “.$alamat1;
echo “<br> Nama : “.$nama2;
echo “<br> Alamat : “.$alamat2;
?>

nb: saya sarankan untuk mengedit kembali terutama tanda (“) nya, karena akan ada error ketika mengkopy langsung dari web. Jika temen temen menulis ulang itu lebih bagus 😀

2. Kemudian Save dengan nama php_nyoba.php (jangan lupa formatnya di ubah ke .php) seperti gambar berikut:

Untitled1.png
3. Copy kan file php_nyoba.php ke direktori local disk c >> XAMPP >> htdocs (bagi yang belum menginstall XAMPP, kunjungi postingan sebelumnya yak). untuk memudahkan saya membuat foder baru bernama PWEBD.

Untitled1.png

4. buka ‘XAMPP control panel’ kemudian klik start pada Apache, untuk lebuh jelasnya lihat gambar:

Untitled1.png

5. Buka browser kemudian ketikan pada serchbar localhost/PWEBD/php_nyoba.php ,dan taraa… hasl percobaan pertama sukses!! selamat!

Untitled1.png

Mungkin cukup itu dulu untuk pengenalan PHP nya. Selebihnya akan di sampaikan pada postingan selanjutnya. See ya 😀

Advertisements

One thought on “Pemrograman Web Dinamis 1 : Pengenalan Pemrograman PHP

  1. Pingback: Pemrograman Web Dinamis 2: Array dan Session – CaGo!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s