Refleksi perkuliahan ALPRO 1

Postingan kali ini saya akan menuliskan refleksi atau penggambaran pada pertemuan pertama perkuliahan saya di semester 2 di Universitas Ahmad Dahlan Teknik informatika pada mata kuliah Algoritma Dan Pemrograman. Berikut beberapa pertanyaan yang diajukan dosen kepada saya:

1. Apakah yang anda peroleh dari mata kuliah Algoritma dan Pemrograman dalam minggu ini ?
2. Apa yang tidak Anda pahami dalam kuliah minggu ini ?
3. Bagaimana usaha Anda untuk mengatasi materi yang belum Anda pahami tersebut ?
4. Bagaimana penggunaan waktu di kelas minggu ini ?
5. Sudahkah anda copy materi ?

Pada mulanya saya merasa bingung tentang materi yang di share oleh dosen di grup facebook saya. Tentang apa itu ALPRO, gimana kuliahnya. Pertama kali melihat materinya saya sudah merasa pesimis. Akan tetapi sejak pertemuan pertama dengan dosen, semua itu lenyap walaupun tidak dipungkiri kekhawatiran tentang masa depan perkuliahan masih tersisa. Dosen saya Bapak Drs., Wahyu Pujiyono, M. Kom. begitu antusias menjelaskan sekenario perkuliahan. Media yang beliau gunakan juga sangat membantu seperti grup facebook yang telah saya sebutkan tadi, juga web seperti portal tempat sharing tugas dan materi. Tak lupa beliau juga kerap sekali memberi nasihat kepada mahasiswanya dalam postingan di grup facebook. salah satu nasihatnya yang berbunyi:

“Usahakan untuk segera bertindak mengubah nasib, dari membaca pengumuman (tugas, membaca materi dll) kemudian melaksanakan petunjuknya dan menyelesaikannya dg TUNTAS. Ingatlah, waktu TAK BISA kembali ke masa lalu. Hutang kerjaan akan MEMBEBANImu dalam perjalanan hari2 SELANJUTNYA.”

sangat mengetuk hati saya untuk berusaha untuk tidak menunda tugas-tugas yang diberikan dan memerangi kemalasan yang tentu selalu membayangi setiap pelajar diseluruh dunia.

Jika ditanya hal apa yang diperoleh pada pertemuan pertama, saya akan menjawab sebuah pengalaman baru. Dalam pertemuan pertama ini kami menentukan kontrak belajar dan mendapatkan hasil keputusan

Uji kompetensi : 10%
Kuis : 2 kali : 5%
Tugas Proyek : 15%
Praktikum : 20%
Midterm : 15 %
Ujian Akhir : 20%
Portofolio Blog : 15%

selain itu dosen juga menjelaskan secara singkat gambaran tentang perkuliahan ALPRO. tentang penggunaan simbol flowcharting, dan penerapan algoritma dengan menggunakan bahasa C++ atau Java. Beliau juga memberikan Pengenalan software pendukung mata kuliah alpro.

mengenai pertanyaan kedua tentang apa yang tidak dipahami tentang perkuliahan minggu ini, saya kira belum ada karena masih berupa perkenalan dan kontrak belajar. mungkin satu satunya yang belum saya pahami adalah penggunaan aplikasi software pendukung baru yang masih dalam proses penyesuaian. Dan usaha saya untuk mengatasinya adalah dengan terus mencoba berlatih dan tak lupa bertanya kepada rekan kolega saya.

penggunaan waktu di kelas pada minggu ini berupa perkenalan, kontrak belajar dan sedikit penjelasan tentang perkuliahan dengan waktu kurang dari 100 menit (2 sks). Dan untuk maeri yang diberikan oleh dosen alhamdulillah telas terdowload semua.

Mungkin itu dulu refleksi untuk minggu pertama. sampaijumpa pada refleksi minggu selanjutnya 😀 😀 😀

Leave a Reply

